Selasa, 03 Juli 2012

PENGARUH SOCIAL MEDIA

PENGARUH  SOCIAL MEDIA

Media sosial pada masa sekarang ini tentunya tidak asing lagi bagi kita. Kemajuan teknologi merupakan salah satu hal yang menjadi berkembangnya media sosial di masyarakat seluruh dunia. Jejaring social atau social networking pada saat ini sudah berkembang cukup pesat dan menjadi trend atau gaya hidup manusia modern. Dari mulai anak-anak sampai ibu rumah tangga pun sudah mulai menjamah social networking.

Contohnya seperti facebook dan twitter yang menjadi trend social networking berbagai jenis kalangan. Didalam jejaring social tersebut kita dapat melakukan banyak hal. Kita dapat menginformasikan kepada banyak orang apa yang sedang kita kerjakan sekaligus untuk bersilaturahmi kembali dengan kerabat dan sahabat yang mungkin sudah lama sekali tidak bertemu.

Didalam jejaring social ataupun dimedia social kita juga dapat melakukan bisnis. Kita dapat berjualan via online. Memasarkan produk kita tanpa bersusah payah door to door atau memajang produk kita disebuah toko. Cukup dengan mengupload foto-foto produk yang akan kita jual kemudian memberikan deskripsi barang tersebut, harga dan cara pengirimannya. Tentu hal tersebut lebih mudah dan siapa pun bisa melakukannya.

Oleh sebab itu banyak juga ibu rumah tangga yang tadinya hanya menghabiskan waktu dirumah menunggu anaknya pulang sekolah dan suaminya pulang kerja, sekarang mengisi waktu-waktu tersebut untuk berjualan online. Tidak memerlukan banyak waktu namun dapat menghasilkan.

Jejaring sosial pada saat ini merupakan sarana yang paling ampuh dalam hal marketing atau pemasaran. Apapun bisa kita dapatkan dalam media sosial tersebut. Sudah makin banyaknya masyarakat Indonesia yang modern khususnya mereka yang disibukan oleh kegiatan mereka dan pekerjaan mereka, menyebabkan belanja via online ini makin berkembang pesat. Tidak perlu bolak-balik masuk dari toko satu ke toko lainnya, dari mall satu ke mall lainya, mereka sudah dapat berbelanja barang kebutuhan mereka. Cukup bermodalkan perangkat komputer atau laptop yang dapat mengakses internet, dimanapun dan kapanpun kita dapat dengan mudah berbelanja barang kebutuhan kita.

Dengan jejaring sosial kita juga dapat berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk menambah wawasan, bertukar pikiran, saling mengenal budaya dan ciri khas daerah masing-masing. Hal ini juga dapat menambah kemampuan berbahasa kita. Misalnya, belajar bahasa inggris dengan memanfaatkan fasilitas call atau video call yang disediakan disitus jejaring sosial.

Dari beberapa contoh diatas yang saya utarakan itu merupakan pengaruh positif adanya jejaring sosial. Namun dibalik itu semua terdapat pula pengaruh negatif dari adanya sosial media atau jejaring sosial.

Kejahatan dalam dunia maya atau sering disebut cyber crime mulai menjamah dan sempat meresahkan kita. Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula kejahatan. Didunia internet kejahatan tersebut dikenal dengan istilah cyber crime. Salah satunya yaitu dengan banyaknya penipuan yang dilakukan di dunia maya. Menjual produk yang katanya asli tapi ternyata produk tersebut palsu. Atau membeli barang secara online, ketika uang sudah kita transfer dan penjual memberikan janji kapan barang itu akan sampai namun pada waktu yang ditentukan barang tersebut tidak dikirim juga. Hal ini tentunya sangat merugikan konsumen yang berbelanja online. Ini juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan pembeli untuk berebelanja via online, walaupun sebenarnya tidak semua orang yang berjualan online itu menipu pembeli. Namun hanya ada beberapa pihak saja yang memanfaatkan hal tersebut yang merugikan banyak orang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar