Kamis, 17 November 2011

Peran Kita sebagai Generasi Muda




Sebagai generasi muda, kita memikul tanggung jawab yang besar terhadap keluarga, pendidikan, dan pergaulan umum. Dalam lingkungan keluarga, generasi muda diharapkan menjadi penerus dan pewaris generasi terdahulu. Orang tua sebagai generasi terdahulu tidak akan selamanya berperan dalam keluarga. Secara alami akan digantikan oleh kita para generasi muda. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda harus mempersiapkan diri kita sebaik-baiknya agar kelak dapat menggantikan kedudukan atau peran generasi sebelumnya.

Didalam lingkungan pendidikan, kita sebagai generasi muda harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan membekali diri kita dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan agar menjadi generasi muda yang berkualitas yang siap untuk menggantikan generasi sebelumnya. Maka dari itu gunakanlah waktu yang kita miliki selama kita duduk dibangku perkuliahan dengan sebaik mungkin dan jangan menyia-nyiakan waktu tersebut dengan hal-hal yang tidak  berguna.

Sedangkan dalam lingkungan pergaulan umum atau lingkungan masyarakat, generasi muda mempunyai tanggung jawab terhadap kemajuan masyarakat. Kegiatan-kegiatan didalam lingkungan masyarakat akan tampak maju apabila kita sebagai generasi muda ikut berperan aktif didalamnya. Yaitu contohnya dengan ikut dalam kegiatan kepemudaan melalui organisasi karang taruna atau kegiatan keagamaan seperti kegiatan remaja masjid. Dalam kegiatan sosial misalnya ikut serta dalam kegiatan kerja bakti, siskamling, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar