Kamis, 17 November 2011

Menghargai Hasil Karya Orang Lain




Menghargai hasil karya orang lain merupakan salah satu upaya memelihara kerukunan hidup antar manusia agar terwujud suatu kehidupan masyarakat yang saling menghormati dan menghargai sesuai dengan harkat dan derajat seseorang sebagai manusia. Menumbuhkan sikap menghargai hasil karya orang lain merupakan suatu sikap yang terpuji karena hasil karya tersebut merupaka cerminan pribadi penciptanya sebagai manusia yang ingin dihargai.

Menghormati dan menghargai karya orang lain harus dilakukan tanpa memandang derajat, status, warna kulit, atau pekerjaan orang tersebut karena hasil karya merupakan cerminan kepribadian seseorang. Berkarya berarti melakukan atau mengerjakan sesuatu sampai menghasilkan sesuatu yang menimbulkan manfaat dan berarti bagi semua orang. Karya tersebut dapat berupa benda, jasa, atau hal yang lainnya.

Kita harus mempunyai sikap menghargai yang didasari oleh jiwa yang santun yang dapat menumbuhkan sikap menghargai orang diluar dirinya. Kemampuan tersebut harus dilatih terlebih dahulu untuk mendidik jiwa manusia sehingga mampu bersikap penyantun.


Kita tidak dapat mengingkari bahwa keberhasilan seseorang tidak dicapai dengan mudah dan santai, tetapi dengan perjuangan yang gigih, ulet, kerajinan, dan ketekunan serta dengan resiko yang menyertainya.

Cara yang bisa diwujudkan untuk menghargai hasil karya orang lain antara lain adalah dengan tidak mencela hasil karya orang tersebut meskipun hasil karya itu menurut pandangan kita adalah sebaliknya. Memberikan penghargaan terhadap hasil karya orang lain sama dengan menghargai penciptanya sebagai manusia yang ingin dan harus dihargai. Dapat menghargai hasil karya orang lain merupakan sikap yang mulia yang menggambarkan keadilan seseorang karena mampu menghormati hasil karya yang merupakan saksi hidup dan bagian dari diri orang lain tanpa melihat derajat, martabat, status, warna kulit, dan pekerjaan orang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar