Kamis, 17 November 2011

Berpikir Kritis




Tuhan menciptakan manusia berbeda dengan makhluk yang lain. Manusia memiliki akal dan rasa sehingga dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Oleh karena itu sebaiknya berpikirlah kritis terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan.

Proses berpikir dan semangat untuk terus mencari solusi atas suatu permasalahan harus terus dipelihara. Semua masalah yang timbul dari dalam maupun  dari luar merupakan sesuatu yang memicu kita agar dapat berpikir untuk memecahakan masalah tersebut. Berpikir kritis merupakan upaya membandingkan dari beberapa masalah yang sedang atau yang akan terjadi sehingga dapat menghasilkan sebuah kesimpulan dan gagasan yang dapat memecahkan masalah tersebut.

Setiap orang mempunyai pola pikir yang berbeda. Akan tetapi, bila seseorang mampu berpikir secara kritis, masalah yang mererka hadapi tentu akan semakin sederhana dan mudah dicari solusinya. Oleh karena itu, manusia diberi akal dan pikiran untuk senantiasa berpikir bagaimana menjadikan hidupnya lebih baik, tentram, dan mampu menjalani semua masalah apapun yang diberikan kepadanya.

Banyak orang yang cenderung malas untuk memikirkan penyelesain untuk masalah yang sedang dihadapinya atau bahkan menhindar dari masalah tersebut. Mereka menganggap bahwa itulah cara yang efektif untuk membuat mereka merasa tenang. Namun sebenarnya mereka merasa resah karena solusi dari permasalahan mereka tersebut belum ditemukan. Seseorang yang memiiliki perilaku suka berpikir kritis akan menanggapi atau memberikan komentar atas sesuatu dengan penuh pertimbangan, bersedia memperbaiki kesalahannya, dan berani menyampaikan suatu kebenaran meskipun berat dirasakan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar