Senin, 26 Desember 2011

Penyalahgunaan Narkotika dan Obat-Obat Terlarang




Narkoba terdiri atas narkotika, psikotropika, dan bahan-bahan berbahaya. Pada saat ini, cukup banyak orang yang menyalahgunakan narkoba karena hal-hal seperti : karena rasa ingin tahu yang besar atau penasaran tentang narkoba tanpa menyadari akibatnya, ingin mengalihkan perasaan kecewa dalam hidup, keiinginan untuk hanya sekedar bersenang-senang, hanya ingin mengikuti trend atau gaya, ingin lari dari kebosanan hidup, dan berbagai alasan lainnya.

Apabila seseorang telah terjerumus pada narkoba, kondisi fisik dan mentalnya terjadi berbagai gejala-gejala seperti : mata merah, jantung berdebar-debar, susah tidur, mudah marah dan mengamuk, dll. Dalam kondisi seperti itu, pengguna narkoba pikirannya tidak rasional dan sulit membedakan perbuatan baik dan buruk. Mereka cenderung membuat keonaran, kerusakan dan hal-hal yang meresahkan keluarga dan masyarakat. Oleh sebab itu, pengguna narkoba harus segera ditangani oleh berbagai pihak.

Penyalahgunaan narkoba melalui jarum suntik juga dapat menyebabkan tertularnya HIV AIDS dari satu pihak ke pihak lain. Ketergantungan kepada barang haram tersebut juga dapat mengakibatkan kematian pada pecandunya. Dan masih banyak lagi bahaya-bahaya lain dari menyalahgunakan narkota dan obat-obatan terlarang.

Penyalahgunaan narkoba dapat disebut sebagai salah satu penyimpangan sosial karena dianggap melanggar nilai dan norma-norma yamg berlaku. Penyalahgunaan narkoba juga merupakan salah satu hukum pidana. Jadi kita para generasi muda hendaklah menjauhi obat-obat terlarang tersebut agar tidak merusak masa depan kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar