Senin, 26 Desember 2011

Kesulitan dalam Bergaul dari Luar Diri Kita




Selain kesulitan-kesulitan bergaul yang bersumber dari dalam diri kita, ada juga hambatan yang datangnya dari luar diri kita. Misalnya lingkungan disekitar kita yang buruk, banyak orang-orang yang suka mengganggu, dll, sehingga membuat kita takut untuk bergaul. Contoh lain, keegiatan kita terlalu banyak dan terlalu sibuk, sehgingga sulit menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dengan teman, tetangga atau saudara. Contoh lain lagi yaitu karena kita terlalu dikekang oleh orang tua untuk bergaul.

Kesulitan yang paling umum adalah kita tidak mengetahui cara bergaul yang baik, tidak mengerti bagaimana mencari sahabat dan mempertahankan serta memupuk persahabatan, tidak mempunyai prinsip yang kuat dari dalam diri, sehingga selalu ikut-ikut teman dalam bergaul, mempunyai pandangan yang keliru tentang suatu pergaulan tertentu. Sesuatu yang benar menurut norma dan etika dianggap tidak sesuai, tidak ngetrend, tidak gaul, ketinggalan jaman, dsb.

Orang-orang yang berhasil dalam karir, pada umumnya mereka yang juga pandai dalam bergaul. Apalagi mereka para pemimpin bangsa, sudah pasti mereka adalah orang-orang yang juga sukses dalam bergaul. Hambatan dan kesulitan adalah bagian dari hidup, jadi pasti kita semua akan mengalaminya. Jangan lari dari kesulitan tapi hadapi dan atasi. Kalau kita berhasil mengatasi kesulitan-kesulitan itu maka kita berhasil merasakan betapa indahnya hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar