Senin, 26 Desember 2011

Kelangkaan Sumber Daya




Kelangkaan sumber daya merupakan suatu keadaan dimana ada ketidak seimbangan antara keinginan manusia untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan dan ketersediaan sumber daya untuk menghasilkan barang atau jasa. Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan sumber daya yaitu :

Ø  Karena jumlah sumber daya yang terbatas. Contohnya  emas dan logam mulia yang biasanya digunakan sebagai perhiasan, seperti kalung, cincin, gelang, dsb, merupakan barang berharga yang disukai banyak orang tetapi jumlahnya terbatas, jadi jika ingin mendapatkannya harus mengeluarkan uang yang cukup besar.

Ø  Sulit untuk memperoleh sumber daya tersebut. Contohnya tenaga ahli yang dibutuhkan dalam berbagai bidang yang jumlahnya sedikit. Hal tersebut disebabkan untuk menjadi seorang tenaga ahli, harus melalui tahapan pendidikan yang tidak mudah serta ditambah dengan pengalaman tertentu.

Ø  Banyak yang membutuhkan sumber daya tersebut. Contohnya minyak bumi sangat dibutuhkan untuk berbagai kegiatan industri dan transportasi. Minyak bumi jika dieksploitasi terus-menerus, maka suatu saat akan habis.

Ø  Faktor geografis penyebaran sumber daya, yaitu letak sumber daya tidak menyebar sesuai dengan manusia yang membutuhkannya. Oleh karena itu Indonesia seringkali mengimpor barang tersebut dari negara lain karena sulit mendapatkannya dinegeri ini.

Kita sebagai warga negara Indonesia hendaknya dapat memanfaatkan sumberdaya yang terbatas ini secara efektif dan efisien, agar sumber daya tersebut tidak akan habis sampai anak cucu kita nantinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar