Senin, 26 Desember 2011

Kesulitan dalam Hubungan Sosial yang Bersumber dari Diri Sendiri




Manusia adalah makhluk sosial, yang tidak bisa hidup sendiri. Semakin banyak kegiatan kita, semakin banyak pula teman-teman kita dan pergaulanpun semakin luas. Mempunyai banyak teman adalah hal yang sangat menyenangkan, bisa bercanda, bermain bersama-sama, belajar bersama, jalan rame-rame, dll. Apalagi jika diantara teman-teman yang banyak itu ada beberapa teman yang sangat dekat dengan kita, sangat akbab, menjadi sahabat kita, suka dan duka bersama-sama, tentu kita akan merasa sangat bahagia.

Tapi ternyata mempunyai banyak teman itu tidak mudah, karena tiap orang mempunyai karakter yang berbeda-beda. Beberapa hal yang sering menghambat kita dalam bergaul, misalnya sifat pemalu, pendiam, minder, kurang percaya diri, merasa tidak cantik atau ganteng, terlalu gendut, sangat pendek, dll. Beberapa sifat lain yang juga menghalangi pergaulan adalah seperti sombong, egois, cerewet, kasar, usil, dsb. Apalagi kalu kita mempunyai kebiasaan yang kurang baik, seperti susah dalam berkomunikasi dengan orang lain, tidak bisa memulai pembicaraan, suka garuk-garuk kepala kalau bingung, dsb.

Itu semua adalah jenis-jenis kesulitan atau hambatan-hambatan dalam bergaul yang bersumber dari dalam diri kita sendiri. Sebaiknya kita memahami kesulitan-kesulitan kita dalam bergaul dan berusaha mencari jalan keluarnya, agar pergaulan kita tidak terhambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar