Senin, 23 Januari 2012

Permasalahan Sosial di Indonesia




Masalah-masalah sosial yang perlu kita waspadai di Indonesia antara lain masalah kemiskinan, kejahatan, kependudukan, dan lingkungan hidup. Semua masalah tersebut merupakan dampak dari perilaku manusia.

Masalah kependudukan di Indonesia menjadi masalah yang sangat serius. Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat dapat berdampak positif maupun negatif. Dampak positif dari pertumbuhan penduduk yang cepat yaitu adanya tenaga kerja yang banyak untuk kepentingan pembangunan. Jumlah penduduk yang banyak jika tidak diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia yang bagus justru dapat menjadi beban dan menambah permasalahan di negeri ini. Masalah-masalah lain akan timbul seiring dengan pertumbuhan penduduk. Misalnya kemiskinan, pengangguran, kejahatan, dan sebagainya.

Pertumbuhan penduduk yang lebih cepat tidak seimbang dengan sumber daya alam yang tersedia. Oleh karena itu muncul kekurangan bahan pangan. Penduduk tidak mendapat bahan pangan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Akibat dari kekurangan bahan pangan ini maka di Indonesia banyak mengimpor bahan pangan dari negeri lain.
Jumlah penduduk yang besar memerlukan lapangan pekerjaan yang banyak. Apabila lapangan pekerjaan tidak seimbang dengan jumlah tenaga kerja yang tersedia, maka akan terjadi persaingan yang tidak sehat. Mereka yang tersisih dari persaingan tersebut akan menjadi pengangguran. Pengangguran merupakan masalah yang dapat menimbulkan kriminalitas dimasyarakat.

Selain pengangguran, masalah sosial yang muncul akibat pertumbuhan penduduk yang cepatadalah masalah lingkungan hidup. Tempat tinggal merupakan masalah bagi negara yang penduduknya padat termasuk di Indonesia. Banyaknya penduduk di Indonesia mengakibatkan terbatasnya lahan untuk tempat tinggal. Sehingga tidak sedikit penduduk yang tinggal dipemukiman yang tidak layak untuk dihuni, terutama yang tingkat sosialnya rendah.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar