Sabtu, 16 April 2011

KEKAYAAN ALAM INDONESIA


KEKAYAAN ALAM INDONESIA


Kekayaan alam suatu negara adalah semua bahan-bahan alami yang dibutuhkan untuk membuat barang lainnya, ditemukan di wilayah negara tertentu dan bukan ciptaan manusia. Kekayaan alam di Indonesia seluruhnya merupakan potensi alam dan bisa dikembangkan ke proses produksi selanjutnya. Kekayaan alam ini dapat berupa organik maupun non-organik yang berasal dari bumi dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Menurut CIA Worldfact, kekayaan alam Indonesia di antaranya adalah minyak, timah, gas alam, nikel, kayu, bauksit, tembaga, tanah subur, batu bara, emas dan perak. Indonesia mempertimbangkan daftar ini sebagai kekayaan negara berupa mineral, minyak, tenaga air dan sumber lainnya yang memilik potensi komersial. Selain itu, kekayaan alam biologis Indonesia mencakup kekayaan alam yang berasal dari hewan dan tumbukan yg tersebar di hutan dan lautan. Karena luasnya, Indonesia memilik potensi perkebunan dan pertanian hampir di seluruh tempat di Indonesia. Jumlah dan kualitas kekayaan alam ini sangatlah tinggi dan tersebar luas di seluruh wilayah. Kualitas inilah yang menyebabkan bahan-bahan tersebut layak diekspor ke luar negeri dan dapat memenuhi kebutuhan devisa Indonesia.

Proses pembentukan kekayaan alam di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor. Secara geografis, Indonesia terletak di daerah tropis yang dicirikan oleh curah hujan tinggi sehingga berbagai jenis tanaman tumbuh dengan cepat dan Indonesia kaya akan berbagai tipe tumbuhan. Secara geologi, Indonesia terletak di pertemuan lempeng tektonik yang senantiasa bergerak sehingga memungkinkan pembentukan barisan pegunungan muda dengan berbagai potensi mineral. Lautan Indonesia juga menyimpan berbagai kekayaan, tumbuhan, hewan dan mineral, serta ikan, rumput laut, mutiara dan minyak. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan kekayaan alam Indonesia sangat luas dan beraneka ragam.

SUMBER :    http://www.indonesiaatworldexpo.com/id/media/diversity-in-natural-resources-of-indonesia/

1 komentar: