Sabtu, 13 November 2010

JIKA SAYA SEBAGAI PEMILIK PERUSAHAAN APA YANG SAYA LAKUKAN?

JIKA SAYA SEBAGAI PEMILIK PERUSAHAAN APA YANG SAYA LAKUKAN?




Waralaba (super market)

Waralaba merupakan jenis usaha yang banyak memiliki saingan usaha. Sebagai pemilik salah satu usaha waralaba (super market), hal pertama yang akan saya lakukan adalah menciptakan suasana yang nyaman bagi pelanggan. Berikut usaha-usaha yang akan saya lakukan jika saya adalah seorang yang memilki usaha waralaba:

Membuat tampilan toko sebagus mungkin

Kebanyakan supermarket memilki tampilan yang monoton dengan tembok berwarna putih. Saya sebagai pemilik waralaba akan membuat tampilan yang berbeda, misalnya dengan mengubah warna tembok supaya lebih bervariasi dan memberikan hiasan-hiasan sehingga pengunjung yang datang tidak merasa bosan dengan saat berbelanja.

Memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan

Dalam hal ini asaha awal yang akan saya lakukan adalah membuat para karyawan berpenampilan lebih menarik. Selanjutnya memberikan pelatihan kepada karyawan agar dapat mengatur tingkah laku yang baik kepada pelanggan. Selain itu usahakan tidak memberikan kbalian berupa permen, karena pelayanan yang semacam itu akan membuat pelanggan kecewa.

Menyediakan bahan yang lengkap

Penyediaan bahan belanjaan yang lengkap dapat menarik minat pelanggan. Hal itu dapat mengakibatkan pelanggan yang akan mencari kebutuhan tidak akan kecewa karena bahan yang dicari tidak ada.



Percetakan

Yang paling penting dalam usaha ini adalah bahan baku cetak,, kualitas cetak, dan kepuasan pelanggan. Dalam mengembangkan usaha ini sebaiknya pengelola mengedepakan kepuasan pelanggan, hal itu dapat dilakukan dengan pemilihan bahan dasar cetak yang baik, desain yang menarik, dan kualitas hasil yang baik.

Kebanyakan tempat percetakan yang ada memiliki tempat yang kurang bersih dan rapi, karena setelah melakukan proses pembuatan bahan biasanya pemilik tidak membersihkan bahan yang telah dipergunakan. Oleh karena itu, salah satu usaha yang akan saya lakukan adalah berusaha agar tempat percetakan terlihat rapi dan bersih sehingga pelanggan lebih tertarik dan tidak jenuh saat berkunjung.

Kita juga harus menerima keluh kesah para konsumen, tindakan itu kayaknya sepele bagi kita, tapi itu juga salah satu trik jitu untuk pengembangan usaha percetakan kita. kita juga harus pintar-pintar melayani pelanggan dengan senyuman.



Souvenir

Toko souvenir merupakan salah satu usaha yang membutuhkan kretifitas yang tinggi dalam mendisain suatu produk. Sebagai pemilik usah toko souvenir hal yang harus diprioritaskan adalah desain yang bagus dan menarik. Selain itu, bentuk dari souvenir yang dibuat juga harus menarik. Bentuk-bentuk souvenir yang dibuat dapat berupa pin, mug, kaos, dan jam. Selain itu pembeli juga dapat memilih dan mendesain gambar yang akan di cetak dalam souvenir yang diinginkan sehingga pembeli dapat mengekspresikan kreatifitasnya masing-masing. Hasil yang diinginkan juga akan sesuai dengan keinginan pelanggan.



Coffe Shop

Coffe shop yang banyak berkembang saat ini adalah yang berbasis IT. Untuk itu pengelola seharusnya menyediaka sarana wi-fi, selain itu pengelola juga harus memeikirkan kenyamanan pelanggang. Hal itu dapat diwujudkan dalam bentuk dekorasi, audio, sarana entertaiment, dan yang paling utama adalah selera konsumen pada saat itu. Prioritas utama dari pengembangan coffe shop ini adalah kenyamanan pelanggan.



Distro

Dengan banyaknya distro yang berkembang sekarang, persaingan akan minat pembeli sangat tinggi sehingga sebagai pengelola kita harus pintar-pintar melihat cela untuk menarik pelanggan. Salah satu usaha untuk menarik minat pelanggan dapat diwujudkan dalam bentuk survei minat pasar, melihat daya beli masyarakat sekitar, dan menyesuaikan harga jual barang dengan ekonomi masyarakat sekitar. tidak itu juga, kita juga harus pintar-pintar menarik minat beli konsumen, salah satunya kita juga harus memperhatikan masalah lahan tempat kita akan membuka usaha Distro, kita juga harus merenofasi tempat sehingga konsumen tertarik untuk berkunjung atau sekedar berhenti sebentar untuk melihat lihat produk kita, itu salah satu poin pertama untuk menarik pelanggan, poin selanjutnya yang harus diperhatikan adalah produk produk yang akan kita tawarkan, sebisa mungkin kalau bisa produk kita yang bisa dijangkau oleh konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar