Tugas Mata Kuliah
1)
Jelaskan
pengertian manajemen !
Jawab :
Manajemen adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan, melalui pemanfaatan SDM dan sumber daya lainnya.
2)
Sebutkan dan
jelaskan fungsi-fungsi manajemen ?
Jawab :
1. Perencanaan/Planning
Fungsi yang
utama dan terpenting, dipakai agar sasaran dan tujuan dapat tercapai dimasa
yang akan datang.
Perlunya
perencanaan yaitu :
a.
Untuk mengidentifikasi peluang dimasa depan.
b.
Antisipasi atau menghindari masalah masa depan.
c.
Untuk mengembangkan langkah-langkah strategis.
Dalam
prakteknya apa saja yang direncanakan ?
a.
Produk, berupa : jenis, jumlah, kualitas
b.
Dana, berupa : jumlah dan sumber dana
c.
Karyawan, berupa : jumlah, keahlian karyawan
Jenis-Jenis
Perencanaan :
v
Strategis : Perencanaan yang berhubungan dengan
:
·
Kelangsungan hidup organisasi atau perusahaan
·
Maju mundurnya organisasi atau perusahaan
·
Keberadaan organisasi atau perusahaan
·
Hail yang akan dicapai organisasi atau
perusahaan
·
Jangka waktu yang panjang
v
Taktis : Prencanaan jangka pendek yang berkenaan
dengan kegiatan operesional organisai atau perusahaan, seperti : membuat
anggaran tahunan, memilih metode.
2. Pengorganisasian/Organizing
Fungsi
manajemen yang kegiatannya : membagi pekerjaan, mengelompokkan pekerjaan,
mendelegasikan wewenang dan mengkoordinasikan aktivitas.
Tujuan :
·
Setiap individu dapat mengetahui dengan jelas
tugas, kewajiban dan tanggung jawab.
·
Agar terbina hubungan yang baik antar anggota
organisasi dan antar organisasi.
3. Pengarahan/Actvating
Yaitu kegiatan
untuk mengarahkan agar semua anggota organisasi melaksanakan kegiatannya
masing-masing yang telah ditentukan.
Bentuk kegiatan
:
§
Bekomunikasi dengan semua anggota organisasi
§
Memberikan pengarahan dan petunjuk
§
Memberikan kepemimpinan
§
Memberikan motivasi untuk mendorong para
karyawan
4. Pengendalian/Controling
Yaitu aktivitas
untuk menemukan , mengkoreksi, apakah ada penyimpangan-penyimpangan dari hasil
yang telah dicapai, dibandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan.
Langkah-Langkah
Pengendalian :
a)
Menetapkan standar dan metode
b)
Mengukur prestasi kerja
c)
Menetukan apakah kerja sesuai standar
d)
Mengambil tindakan koreksi
3) Sebutkan keterampilan-keterampilan
manajerial yang ada !
Jawab :
·
Keterampilan
Konseptual
Yaitu kemampuan
untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dan kepentingan
organisasi.
·
Keterampilan
Kemanusiaan
Yaitu
keterampilan bekerja dengan orang lain, memahami dan memotivasi mereka.
·
Keterampilan
Administrasi
Yaitu
keterampilan untuk menata administrasi organisasi.
·
Keterampilan
Teknik
Yaitu
keterampilan untuk menggunakan peralatan-peralatan mesin, teknik dan metode
bidang tertentu. Seperti : komputer, akuntansi. produksi, dll.
4)
Sebutkan dan
jelaskan bentuk-bentuk organisasi !
Jawab :
a) Organisasi Garis=Lini
Adalah bentuk
organisasi dimana terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas
sampai paling bawah.
Setiap atasan
memiliki sejumlah bawahan, dan bawahan bertanggung jawab kepada atasannya.
Setiap bawahan hanya bertanggung jawab kepada satu atasan.
Bentuk ini
paling banyak dipakai, dan sesuai untuk perusahaan kecil, karena sederhana dan
jelas.
Kebaikan :
·
Kesatuan dalam perintah/pimpinan
·
Pengambilan keputusan cepat
·
Solidaritas karyawan tinggi
·
Sederhana, biaya rendah
Keburukan :
·
Sangat tergantung pada satu orang pimpinan
·
Pimpinan cenderung otokratis
·
Karyawan sulit berkembang
b) Organisasi Garis dan Staff
Adalah bentuk
organisaisi yang banyak dipakai oleh perusahaan besar, daerah usahanya luas dan
kompleks. Pada prinsipnya hamper sama dengan bentuk garis, hanya ditambah
staff, yaitu : satu/bebrapa orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya
memberi saran/nasehat sesuai bidangnya kepada pimpinan perusahaan.Bila
mengalami kesulitan dalam menangani masalah yang terjadi, staff tidak memiliki
hak memerintah badan.
Kebaikan :
·
Sesuai untuk perusahaan besar
·
Keputusan lebih rasional dengan adanya staff
·
Dapat mewujudkan “The Right Man In The right
Place”
Keburukan :
·
Organisasi rumit dan kompleks
·
Koordinasi sulit diterapkan
·
Jumlah karyawan banyak, sehingga solidaritas
kurang dan tidak saling kenal.
c) Organisasi Fungsional
Adalah bentuk
organisai yang terbagi dalam berbagai bidang ssuai fungsi, seperti: pemasran,
produksi, personalia dan keuangan, wewenag dan tanggung jawab melekat terhadap
proses/fungsi masing-masing.
Setiap anggota
fungsi hanya mengerjakan fungsinya, wewenang dan tanggung jawab sangat tegas
telah digariskan.
Kebaikan :
·
Pembagian tugas jelas
·
Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan
dimaksimalkan
·
Masing-masing fungsi dipegang oleh para ahli
Keburukan :
·
Karyawan dapat menerima perintah dari beberapa
atasan
·
Tidak ada kesatuan perintah
·
Makin merasa ahli, akan sulit bekerjasama
d) Organisasi Matrix
Adalah bentuk
organisai dimana perusahaan mengerjakan 2 pekerjaan, yaitu pekerjaan dasar dan pekerjaan-pekerjaan
tertentu. Dalam perusaahn besar dan batas toleransi pekerjaan yang singkat maka
dipakai bentuk Matrix. Alasan lain untuk menghindari berbenturan antara
pekerjaan dasardan pekerjaan-pekerjaan tertentu yang harus selesai keduanya
denga baik.
Dalam bentu
matrix, terjadi hubungan antar berbagai fungsi. Misal, perusahaan sepatu
menerima pesanan yang harus selesai dalam waktu tertentu, dengan jumlah
tertentu. Agar kedua pekerjaan bisa selesai maka bentuk matrix yang cocok.
Kebaikan :
·
Adanya aktifitas lain yang dikerjakan tanpa
menggangu aktifitas dasar.
·
Mendorong inovasi dan kreatifitas karyawan.
·
Mendorong munculnya cara-cara baru, bentuk
penyelesaian baru, dan semangat kerja positif.
Kelemahan :
·
Munculnya konflik antara fungsi dan karyawan
·
Hanya organisasi tertentu yang dapat memakai
bentuk ini.
·
Dapat mengganggu aktivitas dasar
·
Biaya mahal
·
Terdapat lebih dari satu alasan
e) Organisasi Komite
Komite adalah
kelompok formal yang menggantikan para manajer didalam struktur organisasi.
Anggota komite
memiliki wewenang dan tanggung jawab, anggota komite berasal dari tingkatan
manajemen. Semua keputusan organisasi dipelajari dan di evaluasi oleh anggota
komite.
Bentuk ini
sesuai untuk organisasi yang sangat perlu sikap hati-hati dan dari berbagai sudut
pandang .
Kebaikan :
·
Keputusan yang diambil lebih baik karena melalui
rapat yang mendalam
·
Keputusan yang diambil merupakan keputusan
bersama-obyektif
·
Hati-hati dan seksama
·
Terdiri dari para ahli
Kelemahan :
·
Keputusan yang diambil lama
·
Kadang pendapat akhir berasal dari anggota
komite yang dominan
·
Keputusan kadang kurang efektif
5) Sebutkan dan jelaskan konsep-konsep inti
pemasaran, menurut Philip Kotler ?
Jawab :
Konsep-konsep inti pemasaran :
a) Kebutuhan
Adalah konsep
paling pokok yang melandasi pemasaran. Kebutuhan adalah segala sesuatu keadaan
perasaan yang ahrus dipenuhi, kalu tidak akan menderita (mati), seperti :
makan, minum, pakaian.
b) Keinginan
Adalah
kebutuhan yang dibentuk oleh budaya, sikap pribadi seseorang.
Misal,
orang Indonesia
makan nasi
c) Permintaan
Adalah kebutuhan/keinginan manusia yang
didukung daya beli.
d) Produk
Adalah
alat pemuas kebutuhan, keinginan dan permintaan.
e) Pertukaran
Barang
dan jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai
gantinya.
f) Transaksi
Adalah
bentuk pertukaran yang lebih luas, ada nlai-nilai, syarat-syarat, kesepakatan,
waktu dan tempat kesepakatan.
g) Pasar
Kumpulan
pembeli nyata atau pembeli potensial.
Pasar
timbul disekitar produk (barang/jasa) yang bernilai, seperti : pasar tenaga
kerja, pasar uang, pasar mobil, dll.
6) Sebutkan dan jelaskan konsep-konsep
manajemen pemasaran !
Jawab :
Konsep Manajemen Pemasaran :
a) Konsep Produksi
“Konsumen
akan menyukai produk-produk yang murah, jumlah/variasi banyak, dan mudah
dijangkau”.
Apa
yang dilakukan manajemen ?
Efesiensi
produksi dan distribusi.
b) Konsep Produk
“Konsumen akan
senang produk yang mutu, penampilan baik dibandingkan produk lain”.
Sikap manajemen
: Perbaikan-perbaikan pada produk terus menerus.
c) Konsep Penjualan
“Konsumen tidak
membeli produk karena tidak ada manfaatnya”.
Sikap manajemen
: Promosi, teknik menjual yang baik.
d) Konsep Pemasaran
“Untuk mencapai
sukses maka melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih baik dibandingakan pesaing:.
e) Konsep Pemasaran Kemasyarakatan
“Tujuan
pemasaran bukan untuk memuaskan kebutuhan, keinginan dan permintaan saja, tapi
yang lebih penting bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan konsumen dan
masyarakat.
7) Jelaskan pengertian pemasaran !
Jawab :
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk
menjalankan bisnis (profit atau non profit) guna memmenuhi kebutuhan pasar
dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta
mempromosikannya melaluiproses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai
tujuan perusahaan.
8) Sebutkan
dan jelaskan tujuan system pemasaran !
a) Memaksimalkan Konsumsi
Konsumsi
meningkatàproduksi
meningakatàkesempatan
kerja meningkatàkemakmuran
meningkat.
b) Memaksimalkan Kepuasan Konsumen
c) Memaksimalkan Pilihan
Artinya
tersedianya aneka/ragam produk, jumlah, variasi, harga, mutu sehingga banyak
pilihan.
d) Memaksimalkan Kualitas Hidup
Banyak
barang/jasa yang bermutu tinggi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup umat
manusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar