Jumat, 12 November 2010

Belajar Hidup Mandiri

                                              BELAJAR HIDUP MANDIRI 

           Di zaman global yang sekarang sedang berjalan, menuntut setiap pribadi kita untuk menghadapi sesulit apapun kehidupan yang kita jalani. Untuk tetap bersaing dengan sehat, agar tiap apapun yang kita cita-citakan dapat terwujud. Dan itu tidak mudah seprti membalikkan telapak tangan, tetapi dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Banyak faktor yang menjadikan modal dasar dalam mengarungi kehidupan ini. Diantara jiwa-jiwa atau mentalitas yang kuat, tegar dan kokoh. Dan itu bisa terbentuk apabila dikehidupan kita sudah bisa hidup mandiri. Omong kosong apabila dalam keseharian masih sangat bergantung kepada orang tua, atau orang-orang terdekat kita. Mungkin dengan orang yang memiliki status ekonomi yang tinggi, yang serba berlebihan, bisa mengandalkan itu semua kepada orang tuanya. Tapi bagaimana dengan orang yang memiliki status ekonomi yang kurang ??

           Yang pasti si kaya yang selalu mengandalkan kekayaan orang tuanya, tidak akan mempunyai mental atau jiwa yang tangguh sekuat baja apabila tidak mau mengubah pola hidupnya.Demikian dengan si kurang mampu akan selalu merugikan orang lain. Ke dua pola kehidupan seperti itu yang pasti tidak menjadikan orang untuk bisa hidup mandiri dengan jiwa serta mental yang kuat, agar bisa bersaing untuk bertahan dalam hidup yang semakin sulit ini. 

            Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk belajar hidup mandiri. Sebagai seorang mahasiswa atau mahasiswi yang mungkin segala sesuatunya masih bergantung kepada orang tua. Peranah kah kita terbayang, jika usaha atau penghasilan orang tua kita tiba-tiba terhenti karena sesuatu dan lain hal ? Apakah otomatis akan menghambat segala cita-cita kita dengan tidak melanjutkan kuliah kita ? Sebab itu pentingnya kita belajar hidup mandiri, diantaranya sebagai simpanan tabungan jika sewaktu-waktu ada hal yang tidak terduga, atau dapat juga sebagai tambahan uang saku kta. Salah satu usaha yang dapat kita lakukan yaitu kita dapat berjualan pulsa elektrik ke sesama teman di kampus. Dengan modal yang tidak terlalu besar kita dapat memperoleh keuntungan yang lumayan bagi seorang mahasiswa. Itu hanya salah satu contohnya. Masih banyak usaha-usaha lain yang bisa kita lakukan sebagai seorang mahasiswa dalam rangaka belajar hidup mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar