Rabu, 22 Desember 2010

“Manajemen Belajar Di Perguruan Tinggi”



Peguruan Tinggi merupakan jenjang pendidikan untuk mendapatkan gelar Diploma, Sarjana, Magister, atau gelar yang lebih tinggi lagi. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, tentunya kita ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Pertama, kita harus mempunyai tujuan ke perguruan tinggi mana yang akan kita pilih. Kemudian kita juga harus menentukan jurusan apa yang ingin kita pilih, apakah sesuai dengan minat dan kemampuan kita. Pemilihan perguruan tinggi juga berdasarkan akreditasinya. Pastinya kita akan memilih perguruan tinggi dengan akreditasi A atau B.

Dimulai dari proses registrasi mahasiswa baru. Kemudian tahap seleksi, bisa melalui SMPTN atau PMDK, atau bisa juga melalui seleksi umum. Setelah diterima, kita terlebih dahulu tentunya mengikuti Pengenalan Program Studi untuk mahasiswa baru . Dalam program itu diperkenalkan segala sesuatu tentang perguruan tinggi tersebut. Visi dan Misi, lingkungan, serta seputar program studi dan tata tertib pada perguruan tinggi tersebut.

Kemudian tentunya kita sekarang sudah menjadi seorang mahasiswa. Proses belajar mengajar di perguruan tinggi sangatlah berbeda seperti di SMA. Disini mahasiswa dituntut untuk aktif. Tidak bisa hanya mengandalkan materi-materi perkuliahan yang diberikan dosen, tapi kita harus aktif untuk mencari referensi-referensi lain. Karena tidak semua dosen memberikan materi secara keseluruhan, sebab itu mahasiswa mau tidak mau diharuskan untuk mencari dari sumber-sumber lainnya seperti dari internet atau buku-buku diperpustakaan.

Absensi kehadiran mahasiswa di kelas juga diperhitungkan. Kehadiran dikelas juga mempunyai point untuk menambah nilai dan juga sebagai syarat untuk mengikuti ujian. Jadi diharapkan kita memiliki kesadaran untuk hadir dikelas pada saat ada jam perkuliahan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar